Selasa, 18 Oktober 2016 - 09:17:38 WIB
PEDA KTNA NTB Semakin Dekat Persiapan Dimatangkan
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 583 kali

Kegiatan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Ke XV Tahun 2016 Tingkat Provinsi NTB yaitu Pekan Daerah (PEDA) akan segera dilaksanakan. Berbagai persiapan dilakukan oleh panitia pekan daerah dimantapkan yaitu berupa pertemuan koordinasi panitia. Pertemuan persiapan koordinasi yang dipimpin langsung plt. Sektretariat Bakorluh Prov. NTB Muhammad Riadi, SP.,M.Ec.Dev mengatakan bahwa kegiatan Pekan Daerah merupakan ajak pertemuan kontak tani nelayan besar tingkat Prov. NTB, bukan hanya mempersiapkan kapasitas sumber daya manusia petani/nelayan saja tapi kesiapan panitia secara baik berupa sarana prasarana pendukung kegiatan perlu direncanakan dan dipersiapan secara maksimal.

Pertemuan rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh panitia pekan daerah kontak tani nelayan andalan XV Prov. NTB sesuai dengan Keputusan Gubernur NTB Nomor 523.6-804 tahun 2016 di Aula Bakorluh Prov. NTB. Dalam penyelenggaraan PEDA ini dimaksudkan untuk mengorganisir persiapan pada kegiatan Pekan Nasional (PENAS) XV Petani Nelayan 2017 di Provinsi Aceh secara baik.  Sehingga perlu dilakukan kesiapan secara matang ungkap sekaligus sebagai koordinator bidang kesektretariatan PEDA tahun 2016.

Selain itu, ketua umum Pekan Daerah Ir. M. Sabri Amin menjelaskan bahwa acara PEDA yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 2 s/d 4 November 2016 dipusatkan di Asrama Haji Mataram, akan dihadiri sekitar 400 peserta KTNA Kabupaten/Kota se NTB dan para undangan mulai dari Para Bupati/Walikota, Kepala SKPD Lingkup Provinsi, Kabupaten/Kota akan menjadi ajang yang sangat baik dalam meningkatkan motivasi, dan kegairahan petani-nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Sesuai dengan tema yang diambil pada tahun ini yaotu “Melalui Pekan Daerah Petani Nelayan Ke XV Kita Mantapkan Kelembagaan Tani Nelayan dan Petani Hutan Sebagai Mitra Kerja Pemerintah Dalam Ranka Kemandirian Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Menuju Kesejahteraan Petani Nelayan NTB yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan”.

 Hal tersebut dipertegas kembali oleh Kepala BPTP NTB “Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP” bahwa dengan pemantapan  kelembagaan petani akan menjadi tolak ukur segala kegiatan program pemerintah dan pihak lainnya sebagai mitra petani untuk mewujudkan program swasembada pangan nasional secara berkelanjutan. Sehingga akan memberikan efek dengan terbentuknya kemandirian dan kesejahteraan petani khususnya petani di NTB.

Dalam kegiatan PEDA berbagai kegiatan akan digelar seperti rembug kontak tani nelayan andalan tingkat provinsi, temu profesi bersama penyuluh dan petani, temu usaha gribisnis dan pasar lelang produk unggulan daerah, pameran produk unggulan setiap kabupaten/kota, gelar dan temu teknologi, temu karya, peragaan dan unjuk tangkas, asah trampil serta gempita. Dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut dan melibatkan banyak pihak, maka perlu dikoordinasikan kembali untuk melibatkan pihak kepolisian sebagai dukungan akan terselenggarnya kegiatan.



0 Komentar :