Rabu, 05 Oktober 2016 - 13:38:27 WIB
Sekitar 243 THL-TB Penyuluh Pertanian NTB Test CAT di BKD Provinsi
Diposting oleh : Syamsul Riyadi,STP
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 1097 kali

Melalui Kementerian Pertanian mengusulkan formasi 6.087 Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang berada di kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) termasuk di Nusa Tenggara Barat. Sekitar 243 peserta penyuluh pertanian NTB akan mengikuti ujian test CAT selama sehari dengan dibagi menjadi 3 gelombang (5/10/2016) di Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sesuai dengan Pengumuman Tambahan III Nomor 1593/KP.110/A2/09/2016 Tentang Jadwal Seleksi Pelaksanaan Seleksi Pengadaan ASN dari Kemnterian Pertanian RI.

Bahwa ujian test merupakan langkah awal yang diharapan oleh Tenaga Harian Lepas Bantu Penyuluh Pertanian akan penentuan nasip kedepannya atas kinerja selama ini, ungkap salah seorang penyuluh.

Pada saat ini jumlah penyuluh yang bertugas di masing-masing desa/kelurahan tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 12.007 PNS dengan melayani 71.479 desa/kelurahan dengan potensi pertanian. Dan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Permentan Nomor 72 tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Formasi Jabatan Fungsinal Penyuluh Pertanian menyebutkan bahwa paling sedikit satu orang penyuluh dalam satu desa sesuai dengan potensi pertanian setempat. Maka dapat dilihat bahwa masih dibutuhkan sebanyak 59.472 orang penyuluh untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebelum merealisasikan rencana pengangkatan CPNS Penyuluh Pertanian, Menteri PAN-RB melakukan nota kesepahaman (MOU) antara Menteri Pertanian dan Bupati/Walikota untuk menjamin pelaksanaan seleksi sesuai mekanisme. Dengan melakukan Tes seleksi pengangkatan THL-TB menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) sesuai dengan amanat Undang-Undang  Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk kepesertaan ujian dilakukan oleh THL-TBPP yang berusia kurang dari dan sama dengan 35 Tahun pada 5 spetember 2016. Sedangkan untuk penyuluh pertanian yang berusia dari 35 tahun keatas akan diproses melalui pola Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  setelah Peraturan Pemerintah tantang Manajemn PPPK diterbitkan.

Semoga, dengan dilakukan test ujian CAT memberikan semangat kinerja atas kontribusi dalam peningkatan produksi dan pendapatan bagi petani kedepan dalam mendukung swasembada pangan nasional.

Salam Apapun Programnya Penyuluhan Kuncinya....



0 Komentar :