Senin, 27 Oktober 2014 - 10:16:08 WIB
Oleh-Oleh dari Sosialisasi Penerapan Akuntansi berbasis Akrual
Diposting oleh : Asti Afianingrum, SE
Kategori: Sekretariat - Dibaca: 179265 kali

 

Pada hari Rabu, tanggal 22 Oktober 2014, Pemerintah Provinsi NTB mengadakan acara bertajuk Sosialisasi Peneraoan Akuntansi Berbasis Akrual di Hotel Lombok Plaza Mataram. Acara ini diisi oleh narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi NTB. Acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan pejabat dan staf yang langsung menangani keuangan di tiap SKPD.

Secara umum, yang menjadi dasar acara ini adalah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah yang membuat PP Nomor 24 Tahun 2005 dicabut dan tidak berlaku lagi. Lampiran I.02 PSAP SAP Berbasis Akrual itu , menyatakan bahwa (114) PSAP tersebut  berlaku efektif untuk laporan keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran mulai Tahun Anggaran 2010 dan (115) dalam hal entitas pelaporan belum dapat menerapkan PSAP tersebut, entitas pelaporan dapat menerapkan PSAP Berbasis Kas Menuju Akrual ( Cash Trough Acrual / CAT ) paling lama 4 (empat) tahun setelah Tahun Anggaran 2010.

PP Nomor 71 Tahun 2010 ini dikuatkan dengan terbitnya  Permendagri Nomor 64 tahun 2013. Pada Permendagri tersebut, BAB VIII, Ketentuan Peralihan, Pasal 10, dinyatakan bahwa (1) Peraturan kepala daerah yang mengatur kebijakan akuntansi pemerintah daerah dan peraturan kepala daerah yang mengatur SAPD ditetapkan paling lambat tanggal 31 Mei 2014; dan (2) penerapan SAP berbasis akrual pada pemerintah daerah paling lambat mulai tahun anggaran 2015. Basis Akrual adalah basis dimana transaksi ekonomi / peristiwa akuntansi diakui, dicatat dan disajikan dalam Laporan Keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut tanpa memperhatikan waktu kas diterima /dibayarkan. Dengan penerapan akuntansi berbasis akrual ini diharapkan Pemerintah Provinsi NTB tetap dapat mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) dari BPK seperti yang selama 3 tahun berturut-turut. Diharapkan dengan upaya serius dari seluruh jajaran pemda Provinsi NTB sudah dapat menerapkan SAP Berbasis Akrual dengan baik pada tahun anggaran 2015 mendatang. Di antara manfaat Akuntansi Berbasis Akrual adalah :

  1. Memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah daerah
  2. Menyediakan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban Pemerintah Daerah
  3. Pengendalian Defisit anggaran dan akumulasi biaya pemerintah lebih baik
  4. bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan, efisiensi dan pencapaian tujuan.

Dalam rangka menyongsong penerapan sistem akuntansi berbasis akrual yang sudah harus dilaksanakan mulai  tahun anggaran 2015 itu, Pemerintah Provinsi NTB mengadakan sosialisasi penerapan akuntansi berbasis akrual. Acara dimulai pada pukul 08.30 dengan pembukaan oleh panitia yang dilanjutkan dengan sambutan dari Setda Provinsi NTB, acara selanjutnya memasuki acara inti dengan Materi Konsep Akuntansi Berbasis Akrual yang dibawakan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB. Setelah rehat siang, acara dilanjutkan dengan materi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah dengan narasumber dari Kemendagri.

 



0 Komentar :